Selasa, 01 Juli 2008

Anda Minat Budidaya Lengkeng? Kunjungi Field Day Balitjestro

Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropika (Balitjestro) akan selenggarakan Field Day pada tanggal 4-6 Juli 2008 di Batu, Malang. Ada beberapa rangkaian kegiatan selama acara tersebut berlangsung, antara lain, Workshop Budidaya Lengkeng, Aneka Kursus Teknologi Tanaman Hortikultura, Festival Kudapan Berbahan Jeruk, Festival Jeruk Berkhasiat, hingga Bursa Tanaman Hortikultura.

Perkembangan agribisnis hortikultura terutama buah-buahan sub tropika diperkirakan mempunyai peranan yang sangat penting di waktu mendatang dalam menunjang tumbuhnya sektor perekonomian di Indonesia. Balitjestro sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan teknologi unggulan tanaman jeruk, apel, anggur dan lengkeng. Semuanya diciptakan untuk memberikan nilai tambah bagi produk buah-buahan subtropika tersebut dan disesuaikan dengan tahapan kegiatan agribisnis. Mulai dari penyediaan sarana produksi, proses produksi, penanganan pascapanen, hingga pemasarannya.

Pagelaran Field Day ini merupakan salah satu upaya dalam menginformasikan hasil penelitian dan pengkajiannya dengan tujuan untuk lebih mendekatkan hasil inovasi teknologi kepada pengguna. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ”Memanfaatkan inovasi teknologi menuju kemandirian pemenuhan kebutuhan buah substitusi impor”. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu akan dihadiri oleh para peneliti, pengambil kebijakan, pengusaha eskpor/impor hortikultura, petani, mahasiswa, pelaku agribisnis serta masyarakat hortikultura Indonesia. Tujuannya adalah untuk menghimpun tanggapan dan umpan balik inovasi teknologi tanaman jeruk dan buah subtropika sebagai upaya penyempurnaan program penelitian kedepan. Disamping itu juga untuk meningkatkan sinergi antara para pengambil kebijakan, peneliti dan pelaku agribisnis hortikultura terutama tanaman buah-buahan.

Workshop Budidaya Lengkeng Dataran Rendah sebagai salah satu acara Field Day akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Juli 2008, untuk mengungkap tuntas teknik-teknik pembibitan dan budidaya lengkeng dataran rendah. Acara tersebut akan menghadirkan para pakar dan petani lengkeng dari Jawa Tengah yang akan memberikan pengalaman dalam mengelola lengkeng dataran rendah.

Bila anda berminat, silahkan kontak Balitjestro.

Sumber:http://www.litbang.deptan.go.id

0 komentar: