TEMPLATE ERROR: Unknown runtime binding: else in widget

Selasa, 01 Juli 2008

Segarkan Balkon dengan Pot Tanaman

30 June 2008

Lahan terbatas sering dikeluhkan oleh para pemilik rumah. Apalagi bagi mereka yang hobi berkebun, dan ingin memiliki taman atau kebun sendiri. Balkon bisa menjadi solusi untuk keterbatasan tadi.

Lahan terbatas sering dikeluhkan oleh para pemilik rumah. Apalagi bagi mereka yang hobi berkebun, dan ingin memiliki taman atau kebun sendiri. Balkon bisa menjadi solusi untuk keterbatasan tadi. Area balkon bisa dimanfaatkan sebagai alternatif lahan berkebun. Cukup mengandalkan ide kreatif, dan memanfaatkan tanaman-tanaman dalam pot.

Tanaman pot bersifat praktis dan fleksibel. Letaknya mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan penataan yang pas, tanaman-tanaman dalam pot pun bisa secantik taman di halaman.

Misalnya dengan cara begini. Tempatkan beraneka tanaman dalam pot, di sepanjang pagar balkon. Penataan dilakukan di atas rak, yang dibuat menjulur sepanjang 40cm, ke luar bangunan. Rak terbuat dari rangka besi berdiameter 10mm, dan ditambatkan di bagian bawah pagar balkon. Agar rangka besi ini kuat menahan beban tanaman, rak ditempelkan ke dinding menggunakan dinabolt.

Dudukan pot, sekaligus alas rak, menggunakan kawat berukuran 2cmx2cm. Kawat diikat dengan rangka besi menggunakan clamp. Lubang kawat berfungsi sebagai celah, untuk mengalirkan air dari dalam pot atau air hujan. Penataan tanaman pot memberi banyak kemudahan. Tidak menyita banyak lahan. Mudah dibongkar atau ditata ulang, jika ingin mengganti suasana.

Deretan tanaman pot di sepanjang pagar, membuat balkon terlihat rimbun. Suasana segar dan nyaman ala taman pun terpenuhi. Keberadaan taman balkon juga turut memperindah tampilan fasad rumah. Fasad yang semula tampak kaku, akan menjadi lebih lembut, dan tidak monoton.
Sumber: Indra/Anissa/IDEA

Tidak ada komentar:

Kebun Organik ORGANIC GARDENING

TEKNIS BUDIDAYA